Blogroll

Sabtu, 24 Desember 2011

Tentang Illuminati

Illuminati

lluminati sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yang memiliki makna, ‘illumination’ atau ‘penerangan’. Istilah ini pada awalnya diberikan kepada mereka yang menerima babtisan Kristen. Mereka yang sudah menerima babtisan kemudian disebut “illuminati” atau “illuminated ones” oleh para Imam Nicea, dengan asumsi bahwa mereka yang diperintahkan untuk dibabtis dalam iman Apostolik memiliki pemahaman mengenai pencerahan.

The Alumbrados yang merupakan sebuah sekte mistik pada abad ke-16 di Spanyol merupakan salah satu sekte yang ikut menggunakan nama illuminati. Selanjutnya, nama illuminati kemudian digunakan oleh sebuah kelompok rahasia yang dibentuk oleh Adam Weisphaupt. Kelompok dari Adam Weisphault inilah yang kemudian menjadi suatu tanda tanya di masyarakat (terutama setelah booming film Angels and Demons) mengenai gerak gerik mereka yang memerangi agama dan mendorong pemikiran rasionalisme di masyarakat.

Tidak seperti organisasi lain seperti yang pernah saya bahas dalam 3 organisasi yang menguasai dunia, organisasi ini benar-benar bersih. Tidak ada nama salah satu nama anggota mereka atau setidaknya mantan anggota mereka yang saya dapat saya temukan untuk membuat referensi bahwa menurut kesaksian dari Mr. Ex-illuminati A, illuminati ternyata sesat, mereka licik, mereka jahat da sebagainya. Mereka benar-benar bersih hingga membuat siapapun yang mencoba mempertanyakan keberadaan mereka akan menganggap jika illuminati hanyalah mitos. Anda mungkin dapat membayangkan bagaimana ketatnya mereka dengan tradisi kerahasiaan seperti ini yang mampu dipertahankan dengan sangat ketat oleh sekitar 5 sampai 6 generasi dalam 200 tahun terakhir ini oleh setiap pengikut illumunati. Belum ada salah satu dari mereka yang mampu lepas dari pengawasan mereka untuk keluar tampil ke depan publik. Salah satu referensi mengenai mereka yang berhasil saya temukan mengenai illuminati hanyalah sebuah video keceplosan yang tanpa sengaja menyebutkan mengenai illuminati. Tapi video mengenai illuminati itu sendiri telah dihapus oleh pihak Youtube. Jika anda mencari informasi tentang “CNBC accidentally mentions the Illuminati", mungkin anda akan banyak menemukan artikel-artikel yang masih melampirkan video tersebut, tapi sudah tidak bisa di putar karena telah dihapus oleh pihak Youtube. disana banyak yang melampirkan video dari youtube, tapi oleh pihak youtube sendiri videonya telah dihapus.) Seandainya saja karya fiksi dari Dan Brown bisa menjadi nyata, mungkin saya akan memburu buku "The Art of Illuminati" dari Robert Langdon untuk menjadikannya sebagai salah satu bahan referensi dalam membuat artikel ini.



Sejarah Illuminati
Adam Weishaupt
Illuminati adalah sebuah gerakan organisasi yang didirikan pada tanggal 1 Mei 1776 oleh Dr. Adam Weishaupt, seorang profesor dari Canon Law at Ingolstadt University sekaligus mantan Jesuit. Ada salah satu sumber yang mengatakan pendirian dari illuminati yang jatuh pada tanggal 1 Mei dikaitkan dengan Revolusi Rusia yang terjadi pada tanggal 1 Mei, dan pemillihan tahun 1776 dikaitkan dengan Revolusi Amerika pada tahun 1776. Menurut teori tersebut, illuminati disebut berada dibalik bayang-bayang setiap revolusi dari negara-negara di dunia. Adam Weishaupt-nya illuminati sendiri pada awalnya merupakan didikan dari Jesuit dan hanya seperti orang-orang lainnya pada masa itu, mencari ilmu setinggi-tingginya. Illuminati yang dibangunnya terdiri dari mereka yang mendukung cita-cita yang dianggap illuminati (pencerahan): Kebebasan berpikir, persamaan di antara kelompok masyarakat, dan ide-ide yang menurut mereka logis namun dianggap sesat oleh para pihak berwenang. Perlu diketahui bahwa pada saat itu untuk berpikiran bebas seperti sekarang sangat dilarang. Bagi yang telah mendalami novel Angels and Demonds, saya rasa kira-kira pemaparan dari Robert Langdon sedikit menjelaskan dengan benar keadaan illuminati dulu. Mungkin di lain kesempatan saya akan menjelaskan mengenai apa yang akan dilakukan oleh Vatikan dengan mereka yang mencoba berpikiran lepas. Inkuisisi (sidang Vatikan terhadap mereka-mereka yang dianggap menentang pengajaran Vatikan) pada saat itu telah menjadi suatu ancaman bagi setiap masyarakat Eropa yang mencoba untuk keluar dari jalur-jalur pemikiran Vatikan. Kisah Galileo adalah salah satu contoh bagaimana kerasnya pengawasan berpikir pada saat itu.

Illuminati memang unik. Mereka diklaim telah berada dibalik semua revolusi-revolusi yang terjadi di belahan dunia. Banyak teori yang menyebutkan bahwa mereka telah menjadi aktor dibalik munculnya mesin yang mulai menggantikan manusia dan munculnya suatu persamaan golongan dalam masyarakat yang semuanya seakan serentak terjadi pada abad ke-18. Hal ini juga ditegaskan oleh Augustin Barruel dan John Robison lewat bukunya yang mengatakan bahwa illuminati telah berdiri dibalik bayang-bayang revolusi Prancis. Pemaparan dari mereka memang agak terkesan sedikit aneh dimana mereka mengaitkan antara illuminati dan Freemason. Saya sendiri tidak terlalu mempercayainya, tapi saya tidak dapat menemukan sumber yang mendukung saya. Illuminati selalu dikaitkan dengan Freemason, dan jika ditinjau dari tujuan mereka, memang sama, ingin menguasai dunia.

Karl Theodor
Pada tahun 1777, Karl Theodor menjadi penguasa Bavaria. Pada tahun 1784, ia melarang semua perkumpulan rahasia termasuk illuminati. Inilah yang memicu para illuminati untuk mulai melakukan aksinya di hadapan masyarakat. Mereka mulai terlibat dalam drama-drama penggulingan kekuasaan. Inilah kisah yang dibelokkan oleh Dan Brown sebagai “La Purga” yang menceritakan bahwa Vatikan dan Illuminati pernah terlibat suatu konflik. Perlu saya tekankan disini, itu hanya fiksi. Tidak ada yang namanya main cap-capan di dada sambil bunuh-bunuhan. Dalam aksi illuminati sendiri pada saat itu, mereka mulai mengumpulkan anggota sebanyak mungkin untuk membentuk suatu hidden power yang akan menjadi ancaman bagi siapapun yang menjadi penghalang mereka. Mengenai jumlah pasti anggota mereka pada saat itu, tidak ada yang tahu pasti. Ada yang mengatakan bahwa jumlah mereka mencapai 2.000 angota, tapi tidak ada yang bisa memastikannya. Dalam kerahasiannya saat ini, banyak sumber yang mengkaitkan mereka dengan Freemason. Bagi yang belum mengenal freemason, silahkan membacanya kembali disini.

Menurut berbagai sumber-sumber referensi dari illuminati, illuminati ini sebenarnya adalah organisasi rahasia dari organisasi rahasia Freemason. Mungkin lebih gampang dimengerti jika saya mengatakannya seperti misteri dalam misteri, mitos dalam mitos, atau rahasia dalam suatu kerahasiaan freemason itu sendiri. Salah satu sumber yang mengkaitkan mereka dengan freemason adalah seorang penulis bernama Robert Anton Wilson (1932-2007). Ia telah berhasil menciptakan sendiri pandangan masyarakat kepadanya sebagai seorang agnostik, penulis, filsuf, dan pelawak. Karena ia mengklaim sebagai seorang agnostik, maka tidak ada protes dari masyarakat ketika ia menerbitkan bukunya yang seolah memuja illuminati. Wilson telah menulis sekitar 35 buku dan beberapa karya lainnya. Karyanya yang terkenal adalah karya yang memuja illuminati secara klasik, Trilogy: The Eye in the Pyramid, The Golden Apple, Leviathan (1975) yang ia tulis bersama Robert Shea dan diperkenalkan kepada publik sebagai "sebuah dongeng untuk paranoid". Di dalam bukunya tersebut ia mengangkat ketakutan Amerika terhadap suatu konspirasi tingkat tinggi (freemason-illuminati) dengan gaya humor dan jenaka. Banyak yang menggapnya sebagai hanya sekedar hiburan fiksi semata, tetapi beberapa dari masyarakat Amerika melihat suatu fakta non-fiksi yang tersirat dari bukunya. Pada tahun 1977, Wilson menerbitkan bukunya yang berjudul, "Cosmic Trigger I: Final Secret of the Illuminati”, dimana pada halaman 3-4 ia menulis:

"Secara singkat, latar belakang teka-teki dari Bavarian Illuminati adalah ini. Pada 1 Mei 1976 di Bavaria, Dr. Adam Weishaupt, seorang profesor dari Canon Law at Ingolstadt University sekaligus seorang mantan Jesuit, membentuk kelompok rahasia yang dinamakan “the Order of the Illuminati” dengan campur tangan dari Masonik Jerman. Sebagaimana Masonry adalah sebuah perkumpulan rahasia, illuminati adalah kelompok rahasia di dalam kelompok rahasia dan misteri didalam misteri. Pada tahun 1785, illuminati kemudian ditindas oleh pemerintahan Bavaria dengan tuduhan merencanakan penggulingan kekuasaan di seluruh Eropa termasuk merencanakan mengkudeta Sri Paus. Hal ini banyak disepakati oleh para ahli sejarah. Semua hal lain selain fakta itu hanyalah dipanas-panasi oleh pihak tertentu dengan persengkolkolan yang berbau busuk. Dr. Weisphaupt telah dianggap sebagai seorang ateis, seorang penyihir, seorang rasionalis, seorang sufi, seorang demokratis, seorang sosialis, seorang fasis, seorang amoralis, seorang alkemis, dan "dermawan baik hati". (hanya untuk tambahan bahwa kata-kata terakhir dikatakan oleh Thomas Jefferson). Illuminati juga telah diisukan sebagai aktor dibalik layar dari terjadinya revolusi Prancis dan revolusi Amerika, merencanakan menguasai dunia, menjadi otak dibalik komunisme, menjadi gerakan bawah tanah hingga 1970, dan menyembah setan secara rahasia. Beberapa sumber mengatakan bahwa Weishaupt tidak menciptakan illuminati, tetapi hanya menghidupkannya kembali illuminati.

Wilson kemudian melanjutkan karyanya untuk menciptakan imajinasi luas (seperti halnya dengan novel Dan Brown pada awal tahun 2000) yang diterima masyarakat sebagai fakta. Memang sangat menyedihkan ketika mendapati masyarakat tidak mampu membedakan mana fakta dan mana fiksi, kemudian melihat mereka berbicara dengan penuh rasa takut.

Bagaimanapun, mereka telah menjadi misteri di dalam misteri. Tidak banyak yang bisa saya dapat dari pertapaan dengan Google selain ‘opini-opini’ pribadi dari seseorang terhadap mereka. Bahkan di antara berbagai sumber saya mendapatkan cerita yang terlalu dramatis sehingga susah untuk diterima akal sehat saya dan hanya semakin mempertegas kesimpulan saya bahwa, jika di dunia ini ada organisasi rahasia yang benar-benar rahasia, maka itu adalah illuminati.

Sebagai tambahan, saya mengakui artikel ini terkesan aneh. Seringkali saya mendapati keanehan di tengah-tengah referensi artikel saya sehingga memutuskan untuk tidak mengambil semuanya. Ketika selesai menerbitkan artikel ini, ternyata karena keyword dari artikel ini adalah illuminati, maka muncul link yang memaparkan tentang illuminati. Lebih jelasnya, linknya ada di bagian atas blog tepatnya di atas teks berjalan bagian atas.

baca selengkapnya disini Illuminati | The Noock
http://noock.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More